nusakini.com--Sebanyak 168 tim dari 14 kecamatan di Makassar, siap bersaing pada turnamen Golorong Piala Walikota di Lapangan Karebosi Makassar, 10-17 Desember. "Ajang ini merupakan bagian dari kampanye kami menjadikan golorong tampil sebagai cabor eksebisi di Porda 2017 mendatang," ujar Mirdan Midding, ketua panpel pada jumpa media di Makassar, Selasa (6/12). 

Golorong merupakan paduan dari berbagai cabor seperti futsal, bola basket, sepaktakraw dan bulutangkis. "Cabor ini merupakan ide orisinal pak Danny Pomanto (Walikota Makassar," jelas Mirdan.

Mirdan menambahkan, Golorong Piala Walikota memperlombakan tiga ketegori usia yakni U-12, U-15 dan U-17. "Golorong ini hampir sama dengan street soccer. Bedanya di cabor ini tidak memakai kiper. 'Gawangnya' pun terdiri dari tumpukan tiga drum minyak bekas," lanjt Mirdan.

Di setiap kategori, panpel menyediakan piala, medali dan uang pembinaan buat para juara. "Seluruh pemain akan masuk dalam data base panpel. Data ini jadi rujukan pada Porda nanti," ungkap Mirdan.

Di sisi lain, Syarif Lili dari bidang pertandingan mengatakan pihaknya tidak melakukan skrening seperti layaknya turnamen kelompok usia di cabang sepakbola. "Kami percaya dengan integritas pelatih, karena mayoritas mereka adalah tenaga pendidik atau guru sekolah. Apalagi, sanksinya terbilang berat karena turnamen ini memperebutkan Piala Walikota," tutur Syarif. (ab)